Home » , » Tips Dalam Mendesain dan Mengoptimalkan Kinerja Blog

Tips Dalam Mendesain dan Mengoptimalkan Kinerja Blog

Written By Unknown on Saturday, October 27, 2012 | 11:12 AM


Tips Dalam Mendesain dan Mengoptimalkan Kinerja Blog - Walaupun saat ini masih terselimuti oleh rasa kebersamaan dan keindahan berbagi dalam moment istimewa bagi seluruh umat islam sedunia yaitu hari raya idul adha 1433 H. Namun tak ada salahnya jika saya memulai untuk menulis dan berbagi seputar tips dalam mendesain dan mengoptimalkan blog. Memang menjadi suatu hal yang sangat perlu di perhatikan masalah mengenai mendesain dan mengoptimalkan kinerja blog kita, pasalnya jika blog kita tidak cukup memiliki nilai positif dan kualitas yang bagus maka blog kita serasa hampa dan seolah akan terkesan seperti pajangan saja.

Nahh, kali ini akan saya share sedikit tips dalam mendesain dan mengoptimalkan kinerja blog menurut pengalaman dan pengetahuan saya pribadi. Silahkan bisa anda simak dengan baik...

1. Tampilan Dasar
Blog yang bagus bukanlah blog yang memiliki banyak variasi tampilan dan pernak-pernik yang mencolok mata, melainkan blog yang berbobot dan bermanfaat serta memiliki kualitas artikel yang baik dan tentunya berguna bagi para pembacanya. Jadi, jika kita hendak merubah tampilan blog kita. Pastikan perubahan itu membawa dampak positif dan ubahlah tampilannya sesuai kebutuhan saja, jangan terlalu berlebihan dalam memberikan widget/pernak-pernik karena hal tersebut akan berdampak membebani loading blog anda. Perhatikan masalah warna, tentukan dan atur warna utama pada blog anda... Usahakan untuk memberi warna-warna yang terang namun tidak terlalu mencolok mata.

2.  Artikel
Artikel/postingan hendaknya kita pikirkan dengan baik-baik apakah nantinya artikel tersebut bisa menarik perhatian para pembacanya atau bahkan bisa memberikan manfaat tersediri bagi si pembaca tersebut. Sebaiknya anda update artikel-artikel yang berbobot, maksudnya adalah bahwa artikel yang akan anda publish itu bukan sekedar artikel biasa melainkan suatu artikel yang bisa menarik perhatian para pengunjung untuk membacanya, serta isi dari artikel tersebut merupakan fakta dan tentunya ada manfaatnya. Judul artikel juga harus kita perhatikan, semakin unik dan menarik judul dari suatu artikel maka akan semakin banyak pula pengunjung yang akan penasaran dan tertarik untuk membacanya.

3. Optimasi SEO
Untuk masalah ini saya sendiri juga kurang begitu paham, namun yang pasti adalah bawha blog anda harus di optimalkan dalam hasil pencariannya di situs-situs pencarian ternama seperti Google, Yahoo!, Bing, dll. Submit dan daftarkan blog anda ke situs-situs pencarian tersebut. Dan usahakan untuk melakukan ping setiap kali anda update artikel/postingan ke blog anda. Selain itu, daftarkan juga blog anda ke situs direktori blog yang sesuai dengan kategori blog anda, semisal ke Technorati, W3 Directory, TopBlogArea, dll. Dan yang terakhir pasang backlink yang berkualitas backlink bisa di dapat dari hasil link exchange (tukeran link) dengan blog sahabat ataupun dari situs penyedian backlink gratis.

4. Social Networking
Pada era yang di penuhi dengan situs-situs jejaring sosial seperti sekarang ini, sudah sepantasnya kita hubungkan blog kita ke situs-situs jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Google+, dll. Tujuannya supaya segala hal yang ada di blog kita bisa di lihat, di ketahui, ataupun di share oleh para pembaca/pengunjung blog kita. Dan hal tersebut akan lebih mengoptimalkan blog kita dalam hal pengenalan (promosi) ke orang-orang supaya lebih mengenal dan tahu tentang blog kita.

Mungkin cukup sekian dulu postingan mengenai tips dalam mendesain dan mengoptimalkan kinerja blog. Selebihnya saya mohon ma'af lahir & batin... Semoga bermanfaat dan salam sejahtera by ngeposta...

0 comments:

Post a Comment