Home » » RESIDENT EVIL 6 THE COMPLETE STORY: MEMERANGI ANCAMAN GLOBAL VIRUS C (1)

RESIDENT EVIL 6 THE COMPLETE STORY: MEMERANGI ANCAMAN GLOBAL VIRUS C (1)

Written By Unknown on Wednesday, October 24, 2012 | 7:43 AM

Resident Evil 6 sebagai game paling ditunggu-tunggu akhirnya dirilis awal Oktober 2012 untuk Playstation 3 dan Xbox 360 (versi PC menyusul). Konsep pengerjaannya sudah dimulai sejak tahun 2009 oleh Hiroyuki Kobayashi yang sebelumnya menangani Resident Evil 4. Dari sisi penjualannya Resident Evil 6 terbilang sangat sukses. Hanya sehari setelah dirilis, game ini telah terjual empat juta kopi.

Dalam Resident Evil 6 pemain akan disuguhi empat chapter berbeda yaitu Chris Redfield, Leon S. Kennedy, Jake Muller dan Ada Wong. Agar menangkap jalan cerita secara utuh pemain harus memainkan keempat chapter yang ada. Di game ini pulalah untuk pertama kalinya Chris dan Leon bertemu. Menurut Capcom keduanya sangat populer dan sudah waktunya dipertemukan dalam satu game. 

Capcom ingin mengulang sukses seperti Resident Evil 4 dengan memberikan gameplay yang lebih kompleks. Kini pemain dapat menggunakan dua pistol sekaligus, sliding, berguling kesamping dan melakukan roll. Tidak ada lagi upgrade senjata, yang ada adalah skill buying (membeli kemampuan) yang membuat mirip game RPG. Aksi bela diri dan senjata alternatif (kapak, tongkat besi dsb) menambah variasi serangan. Yang lebih seru, di setiap skenario pemain akan ditemani seorang partner.

Resident Evil 6 benar-benar game dengan rating Mature (dewasa) karena setiap adegan yang sadis akan diperlihatkan lebih detil. Misalnya ketika Leon menghantam zombie dengan kapaknya, menginjak kepala zombie yang terkapar, dsb. Pemain juga akan sering mendengar jagoan mereka mengumpat dengan bahasa yang kasar dan kali ini tidak disensor. So, bagi pemain dibawah umur direkomendasikan untuk tidak memainkannya.  

Walaupun banyak ditunggu fansnya, game ini juga mendapat kritikan karena kontrolnya yang menyulitkan. Misalnya saat kita ingin berlindung dari tembakan peluru namun yang keluar justru gerakan sliding. Capcom tampaknya juga memperlemah setiap karakter. Leon atau Chris yang biasanya kuat dan lincah akan sering jatuh terkapar akibat hantaman musuh. Belum lagi gaya permainan yang condong ke game barat bergaya Hollywood. Untungnya seluruh kelemahan tersebut untungnya ditutupi oleh alur cerita yang dramatis.   


PROLOG

Kisah dimulai pada tanggal 24 Desember 2012. Seorang prajurit bayaran di Slavia Selatan - tepatnya Edonia - bernama Jake Muller berusaha meloloskan diri dari negara itu akibat serangan bio teroris. Di tengah pelariannya Jake bertemu dengan Sherry Birkin, seorang agen pemerintah dari Division of Security Operations (D.S.O.). Sherry juga merupakan salah satu survivor dari kota Raccon saat tragedi Virus-G tahun 1998 silam.

Pada saat yang sama pasukan Bio-terrorism Security Assessment Alliance (BSAA) dibawah pimpinan Chris Redfield tiba disana. Chris yang kini sudah menjadi seorang kapten membawa sebuah regu termasuk penembak jitu Piers Nivans dan ahli peledak Finn Macaulay. Lewat update yang dilaporkan oleh Finn diketahui bahwa musuh mereka adalah J’avo. Akibat terinfeksi Virus-C membuat J’avo jauh lebih cerdas, kuat dan berbahaya. Mereka bahkan mampu menggunakan senjata api.


Saat menyisir lokasi, Chris dan pasukannya bertemu dengan seorang wanita yang mengaku disandera oleh para J’avo. Wanita yang mengaku bernama Ada Wong itu hanya menipu Chris, karena dia juga bagian dari kelompok teoris Neo Umbrella. Ketika pasukan BSAA lengah, dia menjebak dan menyerang mereka dengan semacam alat yang berisi jarum-jarum virus. Seluruh pasukan kecuali Chris dan Piers berubah menjadi monster.

Chris tidak mampu membunuh monster-monster itu karena teringat bayangan Finn. Setelah sebuah serangan yang membuatnya pingsan, Piers berhasil membawanya menyingkir dari tempat itu. Walau selamat Chris menyalahkan dirinya karena tidak mampu melindungi pasukannya. Dia lalu meninggalkan BSAA dan minum-minum hingga mabuk. Sementara itu, upaya penjemputan Sherry dan Jake oleh BSAA disabotase oleh monster bernama Ustanak. Mereka berdua lalu melarikan diri ke gunung tapi berhasil ditangkap oleh Ada Wong.


LEON IS BACK

Enam bulan kemudian, tepatnya tanggal 29 Juni 2013, Presiden Adam Benford berniat mengungkap pada publik kebenaran di balik insiden Kota Raccon. Baginya itu dapat menekan aktivitas bio teroris yang makin kuat. Presiden didukung oleh teman dekatnya yaitu Leon S. Kennedy dan agen bernama Helena Harper.

Sayangnya rencana itu batal terlaksana. kota Tall Oaks yang sedang dikunjungi presiden menjadi target bio teroris. Setelah virus menyebar di kampus, presiden dan orang-orang di kota itu mulai berubah menjadi zombie. Leon tidak punya pilihan lain selain menembak mati presiden yang akan menyerang Helena.


Helena meminta bantuan Leon untuk menyelamatkan adiknya yaitu Deborah yang disekap di katedral. Dengan melalui rintangan yang tidak mudah keduanya berhasil sampai disana. Namun sayangnya sudah terlambat karena Deborah telah terinfeksi Virus C dan berubah menjadi monster. Dengan berat hati Helena terpaksa membunuh adiknya sendiri. Leon dan Helena lalu berusaha meninggalkan kota Tall Oaks bersama survivor lainnya.   

Di tengah perjalanan Helena mengatakan bahwa dia diperas untuk membunuh presiden oleh penasihat keamanan nasional bernama Derek C. Simmons. Helena juga berkata pada Leon bahwa Derek berhubungan dengan Neo Umbrella. Dari sana Leon menyimpulkan bahwa mereka berdua telah dimanfaatkan Derek untuk membunuh presiden. Alasannya tidak lain untuk mencegah presiden mengungkapkan kebenaran.

Tidak lama kemudian kota Tall Oaks dihancurkan militer dengan alasan untuk mencegah penyebaran Virus C. Untungnya Leon dan Helena berhasil selamat. Lewat informasi dari Hunnigan diketahui jika Derek menuju ke kota Lanshiang di Cina. Leon meminta bantuan Hunnigan untuk memalsukan kematiannya dan Helena. Demi membersihkan namanya, keduanya memutuskan mengejar Derek ke Lanshiang.



0 comments:

Post a Comment