Home » , , » Venezuela, Negara dengan Harga BBM Termurah di Dunia (2-Habis)

Venezuela, Negara dengan Harga BBM Termurah di Dunia (2-Habis)

Written By Unknown on Tuesday, June 18, 2013 | 7:46 PM

Dan perlu diketahui, dimanapun di seluruh dunia, negara yang mensubsidi BBM terlalu besar, mengalami masalah ekonomi yang carut marut terutama terkait transportasi. Logikanya sederhana saja. Jika BBM mahal, orang akan berpikir 2 kali untuk membeli kendaraan baik motor ataupun mobil. Nah, kesempatan bagi pemerintah untuk membangun transportasi massal yang ideal.

Ok, lanjut ke daftar negara dengan subsidi BBM terbesar di dunia. Venezuela yang harga BBMnya paling murah sedunia, ada di peringkat 7

6. Mesir
Jumlah subsidi di Mesir US$20,3 miliar pada tahun 2010. Menempatkan harga bensin di Mesir termasuk terendah di dunia. Meski pun Mesir merupakan negara penghasil minyak dalam jumlah besar, negara ini mengonsumsi 90 persen bahan bakar untuk kebutuhan dalam negeri. Harga Bensin di Mesir Rp.2985/liter.
7. Venezuela
Menurut data yang dikumpulkan oleh The German Society for International Cooperation (GIZ) harga bensin di Venezuela hanya 2 sen per liter. Harga ini jauh lebih murah dibandingkan negara-negara lain di dunia. Biaya subsidi yang dikeluarkan Venezuela sebesar US$20 miliar pada tahun 2010 dan dianggap sebagai sebagai salah satu faktor yang menghambat pertumbuhan ekonomi.Harga Bensin di Venezuela Rp466/liter.
8. Uni Emirat Arab
Berdasarkan catatan Badan Energi Internasional, biaya subsidi di Uni Emirat Arab (UEA) sebesar US$2.500 per orang pada tahun 2010. UEA merupakan negara kedua penghasil minyak dan gas alam di dunia. Namun, permintaan domestik mengharuskan negara mengimpor gas alam untuk kebutuhan dalam negeri dan mengurangi volume bahan bakar cair yang tersedia untuk ekspor.Harga Bensin di United Arab Emirate Rp. 3450/liter.
9. Indonesia
Harga bensin di Indonesia merupakan harga bensin termurah di Asia. Namun, biaya yang harus dibayar untuk menggantinya sebesar US$16 miliar pada tahun 2010 yang menyebabkan anggaran negara membengkak. Seperti halnya Mesir, Indonesia mendorong konsumen beralih ke gas alam cair yang lebih murah. Langkah signifikan untuk mengurangi subsidi terhadap bahan bakar minyak pun telah dilakukan dengan program konversi minyak tanah ke LPG sebagai bahan bakar untuk memasak. Pada 1 April 2012, Pemerintah Indonesia berencana menaikkan harga BBM sebesar 33 persen. Namun, hal tersebut urung dilakukan karena lebih dari protes warga yang berujung pada kericuhan di depan Gedung MPR/DPR, Jakarta.Harga Bensin di Indonesia Rp. 4.500.
10. Uzbekistan
Uzbekistan menghabiskan US$12 miliar pada tahun 2010 atau setara dengan hampir sepertiga produk domestik bruto negara tersebut. Uang dihabiskan untuk subsidi. Bukan untuk pembangunan infrastruktur yang justru dibutuhkan dalam rangka pengembangan ekonomi.

Sudah lihat kan? Venezuela memang menempati peringkat 1 harga BBM termurah di dunia, tapi dalam hal subsidi BBM, Venezuela berada di peringkat 7 sebagai negara dengan subsidi BBM terbesar di dunia, 2 tingkat di atas Indonesia.

Kenapa harga BBM di Venezuela begitu murah (400 perak) sementara subsidinya 'hanya' US$20 Miliar? Indonesia harga BBM 4500 perak, tapi subsidinya koq sampe US$ 16 milliar? Ya itu karena jumlah rakyat di Venezuela jauh lebih dibanding di Indonesia.

Oh ya, 1 lagi. Venezuela termasuk anggota OPEC (negara pengekspor minyak) sementara indonesia adalah mantan anggota OPEC sejak tahun 2008 alias sudah jadi importir minyak. Jadi membandingkan antara  Venezuela dan Indonesia hanya berdasarkan harga BBM saja, ya itu namanya...........(isi sendiri, hehehe)

0 comments:

Post a Comment