Home » » FACEBOOK TIMELINE: WAKTUNYA HENGKANG KE JEJARING SOSIAL LAIN?

FACEBOOK TIMELINE: WAKTUNYA HENGKANG KE JEJARING SOSIAL LAIN?

Written By Unknown on Sunday, September 2, 2012 | 6:39 AM

Menjengkelkan! Itulah yang harus saya katakan saat melihat tampilan Facebook klasik saya berubah menjadi Facebook Timeline. Anda juga tidak suka? Jangan berharap terlalu banyak karena suka atau tidak, Facebook “memaksa” membernya untuk menggunakan tampilan baru ini.

Apa yang sih sebenarnya dtawarkan oleh Facebook Timeline ini? Secara umum fitur ini lebih pada update riwayat seperti status, foto, penambahan teman, status hubungan dsb. Segala aktivitas yang Anda lakukan saat ber Facebook ria dari tahun ke tahun akan muncul dalam satu layar. Dan inilah yang menjadi konsep Facebook bahwa “Timeline is the story of your life.” Sayangnya, bahkan Zuckerberg sendiri tidak mampu memberi jawaban yang memuaskan saat peluncuran fitur ini.

Banyak teman (dan juga saya) mengaku kesal dengan ulah Facebook ini. Beberapa situs berita online bahkan melaporkan banyak member ingin tampilannya kembali seperti semula. Sayangnya di halaman help Facebookpun tidak ada referensi bagaimana menonaktifkan fitur ini. Lewat juru bicaranya Facebook mengatakan tidak ada jalan kembali tampilan lawas. Jika member belum menggunakannya, secara otomatis halaman mereka akan terupdate.

Mark Zuckerberg saat pers conference Facebook Timeline. (lihat sumber)

Banyak alasan mengapa fitur Facebook Timeline ini tidak disukai, namun yang paling utama ada dua sebab, yaitu:

Makin berat. Kalau Anda tidak terbiasa dengan tampilan baru yang amburadul, maka cuma masalah waktu sampai Anda merasa nyaman. Tapi dengan makin banyaknya menu, gambar dan animasi pada fitur ini membuat halaman Facebook Anda makin lama dibuka. Akan terasa amat menyebalkan bagi pengguna internet yang kecepatannya lambat.

Tidak melindungi privasi. Apa jadinya jika mantan pacar tahu status hubungan Anda sebelumnya? Bagaimana jika keluarga atau teman tahu Anda bekas pecandu alkohol? Ya, hal itu mungkin terjadi. Facebook Timeline memungkinkan riwayat membernya terekam hingga beberapa tahun kebelakang. Artinya, “rahasia” Anda masih dapat dilihat rekam jejaknya. Walau hanya teman yang bisa melihatnya, ruang pribadi Anda makin terbuka lebar. So, ini warning bagi para member Facebook agar tidak asal posting atau update.

Jelas tidak nyaman, khan? Sebetulnya ada kok cara mengembalikan tampilan Facebook lawas kita. Tapi itu hanya berlaku untuk browser yang kita pakai, sementara orang lain tetap melihat bentuk Timeline pada Facebook kita. Jika tertarik, cobalah kunjungi alamat ini http://www.timelineremove.com

Pilih plugin sesuai dengan browser anda atau pilih saja lambang browser yang berkedip, ini menandakan browser yang anda pakai sekarang. Setelah mendownload dan menginstall plugin tersebut, restart browser untuk memastikan plugin telah bekerja. Kembalilah ke halaman Facebook dan lihatlah profil Facebook Anda tanpa fitur Timeline. Namun sekali lagi, ini hanya manipulasi browser.

Masih tidak puas? Well, what can I say. Kita daftar dan memakai Facebook tidak dipungut biaya alias gratisan. So, kita mesti ikut aturan main mereka, khan? Kalau Anda tidak nyaman lagi dengan Facebook, masih banyak kok jejaring sosial lain yang tidak kalah seru. Mungkin Google+ ?

0 comments:

Post a Comment