Home » » Pengenalan Elemen Dasar Pada HTML

Pengenalan Elemen Dasar Pada HTML

Written By Unknown on Thursday, August 23, 2012 | 11:44 AM


Pengenalan Elemen Dasar Pada HTML - Pada dasarnya HTML memiliki banyak sekali elemen-elemen yang dapat kita gunakan dalam formating teks atau tampilan layout suatu web, namun ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa saja elemen dasar pada HTML sehingga akan memudahkan kita dalam memahami elemen-elemen lain pada HTML yang tingkatannya lebih kompleks. Dan pada kesempatan kali ini akan saya share sedikit tentang pengenalan elemen dasar pada HTML sesuai dengan bahasa dan pemahaman saya sendiri.

Berikut ini adalah elemen dasar pada HTML :
  • Block Level Element
Block level element yang sering digunakan adalah tag heading mulai dari <h1> sampai dengan <h6>, dan semakin kecil angkanya maka akan semakin besar ukuran teks yang akan ditampilkan.
Syntax kode heading itu sendiri normalnya adalah sebagai berikut :

<h1> ... </h1>
<h2> ... </h2>
<h3> ... </h3>
<h4> ... </h4>
<h5> ... </h5>
<h6> ... </h6>

  • Paragraph & List Item
Elemen ini digunakan untuk membuat suatu paragraf dalam penulisan teks menggunakan tag paragraf <p>. Sedangkan list item digunakan untuk mengelompokkan data baik seacara berurutan (ordered list) ataupun secara tidak berurutan (unordered list) menggunakan tag <ul> / <ol>. Ordered list mengelompokkan data dengan metode numbering, sedangkan unordered list mengelompokkan data dengan metode bulleting.
Syntax kode tag paragraf & tag list item adalah sebagai berikut :

 <p> ... </p>

<ol> ... </ol>
<ul> ... </ul>

  • Horizontal Rule
Elemen ini digunakan untuk membuat garis secara horizontal dengan menggunakan tag <hr>.
Syntax kode tag horizontal rule <hr> adalah sebagai berikut :

<hr /> ...
... <hr />

Mungkin cukup sekian dulu postingan pada kesempatan kali ini, semoga apa yang sudah saya jelaskan diatas bisa bermanfaat bagi anda. Kritik dan saran yang membangun akan saya terima dengan senag hati. Selebiihnya saya mohon ma'af atas segala kesalahan dan kekurangan yang ada.

0 comments:

Post a Comment