Home » , » Mari Mengenal XAMPP !

Mari Mengenal XAMPP !

Written By Unknown on Friday, March 15, 2013 | 9:38 AM


Mari Mengenal XAMPP ! - Pada awal kesempatan kali ini saya akan share sedikit ulasan dengan topik mari mengenal XAMPP ! dan untuk sumber referensinya saya dapat dari beberapa situs website.

XAMPP atau X (Cross Platform) Apache MySQL PHP Perl adalah sebuah perangkat lunak (software) yang dibuat oleh tim dari Apache Friends (www.apachefriends.org) yang fungsinya adalah untuk menjalankan program PHP, MySQL dan Perl dalam satu waktu yang bersamaan. XAMPP memudahkan para web developer untuk mengembangkan dan membuat sebuah website di local PC/Laptop, sehingga proses pembuatan sebuah website menjadi lebih aman dan cepat dibandingkan melakukan proses pembuatan website lewat online server.


Fungsinya adalah sebagai server yang berdiri sendiri (localhost), yang terdiri atas program Apache HTTP Server, MySQLdatabase, dan penerjemah bahasa yang ditulis dengan bahasa pemrograman PHP dan Perl. Nama XAMPP merupakan singkatan dari X (empat sistem operasi apapun), Apache, MySQL, PHP dan Perl. Program ini tersedia dalam GNU (General Public License) dan bebas, merupakan web server yang mudah digunakan yang dapat melayani tampilan halaman web yang dinamis.

Sebenarnya ada banyak sekali jenis software lain yang dapat menjalankan Apache, MySQL, dan PHP. Namun karena proses instalasi dan pengembangan dari XAMPP lebih mudah, maka banyak developer web yang menyarankan untuk menggunakan XAMPP untuk menjalankan AMP (Apache, MySQL, PHP). Selain dari pada itu, XAMPP juga dapat berjalan di platform (sistem operasi) besar, seperti Macinstosh, Windows dan Linux (Ubuntu, Solaris, Debian, CeNTOS).

Dan bagi anda yang ingin download software XAMPP ini, silahkan bisa langsung anda kunjungi web resminya di http://www.apachefriends.org/en/xampp.html.

Cukup sekian ulasan yang dapat saya sampaikan berkenaan dengan materi mari mengenal XAMPP ! dari beberapa sumber, semoga dapat bermanfaat bagi anda semua. Selebihnya saya mohon ma'af atas segala kesalaha yang ada dan terima kasih atas kunjungannya. Salam sejahtera by Ngeposta...

Sumber : Bottato Go Blog!, ZefRiri, dan Wikipedia.

0 comments:

Post a Comment