Home » , » 7 BOARD GAME TERBAIK SEPANJANG MASA

7 BOARD GAME TERBAIK SEPANJANG MASA

Written By Unknown on Friday, August 10, 2012 | 10:39 AM

Boleh jadi di era serba digital ini orang lebih gemar bermain game komputer atau konsol. Namun faktanya masih banyak orang rela berjam-jam memandangi papan catur sekedar untuk mengisi waktu luang atau bahkan berkompetisi. Ya, asyiknya bermain board game alias permainan papan sepertinya tidak akan luntur oleh zaman. Banyak diantaranya yang tidak sekedar menonjolkan unsur fun namun juga mengasah kecerdasan otak. Berikut ini tujuh board game terbaik yang direkomendasikan untuk Anda


1. MONOPOLY

Seringkali, permainan inilah yang terlintas dalam pikiran jika orang membicarakan board game. Sesuai namanya, Monopoly adalah permainan klasik yang mengajak pemainnya mengumpulkan uang sebanyak mungkin dengan cara jual beli properti, membayar pajak atau bahkan masuk penjara. Karakter game ini berupa token yang bentuknya sederhana dan bisa dilihat setiap hari seperti topi, sepatu, kapal, seterika dsb. Percaya atau tidak, dari game inilah restoran McDonalds terinspirasi hingga bisa berjaya seperti sekarang ini. Benar-benar sebuah efek yang sangat luar biasa.


2. SCRABBLE

Scrabble cocok bagi Anda penggemar Bahasa Inggris karena menuntut penguasaan kosa kata yang luas. Cara bermainnya mirip teka-teka silang, dimana pemain menempatkan tile pada kotak-kotak yang membentuk kata. Setiap kata yang dibuat harus terhubung dengan kata sebelumnya. Nilai ditentukan berdasarkan total nilai huruf yang membentuk kata plus kelipatan huruf untuk “double letter score” atau “triple letter score,” dan kelipatan berdasarkan kata bila melewati “double word score” atau “triple word score”.


3. CATUR

Sebuah board game yang sangat populer dan bisa berharga mahal hingga puluhan juta rupiah bergantung dari bahan pembuatannya. Tujuan akhir permainan adalah membunuh raja lawan dengan menggunakan bidak yang kita punya. Setiap bidak mempunyai langkah yang berbeda dan pemain bergerak secara bergantian. Catur adalah permainan yang penuh strategi yang sangat cocok untuk menguji ketajaman otak dan mental Anda.


4. BACKGAMMON

Backgammon berasal dari Mesopotamia namun sekarang sudah populer di banyak negara. Permainan ini untuk dua orang dan setiap pemain diberikan lima belas biji yang digerakkan diatas papan dengan dua puluh empat segi tiga. Mereka yang berhasil menempatkan semua bijinya di luar papan permainan adalah pemenangnya.


5. HALMA

Halma berasal dari bahasa Yunani yang berarti melompat. Board game ini diperkenalkan pertama kali sekitar tahun 1883 oleh seorang mahasiswa kedokteran asal Amerika bernama George Howard Monks. Permainan ini dapat dimainkan minimal dua orang dan maksimal empat orang. Tujuan permainan adalah memindahkan semua biji milik pemain dari markas asal ke markas di arah yang sebaliknya. Pemain dapat bergerak dengan satu langkah atau melompati biji lain.


6. GO

Di Jepang disebut Igo dan di Cina disebut Weiqi, adalah sebuah board game sederhana namun dengan strategi yang sangat kompleks. Saking miripnya dengan taktik perang nyata membuat sebagian orang menganggap Go lebih hebat ketimbang catur. Bahkan strategi permainan juga bisa diaplikasikan dalam manajemen bisnis. Tujuan permainan adalah memaksimalkan wilayah yang dikuasai dengan jalan mengurung, menjebak atau menyusup. Permainan akan berakhir ketika kedua pihak sepakat untuk mengakhirinya. Setelah itu barulah nilai dan pemenang dapat ditentukan.


7. CHECKERS

Checkers atau Dam adalah sebuah permainan yang simpel, murah meriah dan tidak ribet. Jika tidak punya papan permainannya Anda bisa menggambarnya di tanah atau di selembar kertas kosong. Permainan akan berjalan di atas kotak berukuran 8x8 dengan 12 biji untuk tiap pemain. Masing-masing pemain hanya diperbolehkan menangkap sambil maju. Permainan akan berakhir jika: salah satu pemain menyerah, keduanya setuju untuk seri, salah satu pemain kehilangan semua bijinya (dinyatakan kalah) atau salah satu pemain tidak dapat lagi menggerakkan bijinya (juga dinyatakan kalah).


0 comments:

Post a Comment