Home » » 6 JURUS MENGAMANKAN AKUN WORDPRESS DARI HACKER

6 JURUS MENGAMANKAN AKUN WORDPRESS DARI HACKER

Written By Unknown on Tuesday, July 3, 2012 | 7:44 AM

Pernahkah terbayang suatu hari saat mengunjungi blog Anda yang muncul adalah pesan dari hacker? Ya ampun, Sudah berapa lama pesan itu disana dan berapa banyak orang sudah melihatnya? Mungkin saja pesan itu tidak berbahaya, namun reputasi Anda bisa jadi buruk karenanya. Yang lebih parah jika si hacker tidak hanya mengacak-ngacak akun namun juga mencuri konten Anda.

Tidak ada cara pasti untuk menghalangi ulah iseng para peretas data itu. Yang bisa Anda lakukan adalah mempersulit jalan masuk para hacker. Semoga saja mereka menyerah, namun kalaupun toh mereka berhasil paling tidak Anda sudah melakukan perlawanan. Nah, jika platform blog Anda adalah Wordpress, berikut ini ada beberapa trik jitu yang layak Anda coba.


1. PILIH PASSWORD YANG KUAT

Bukan rahasia lagi jika pengguna internet di Indonesia kurang memperhatikan keamanan password. Menurut survey, ternyata password buatan orang Indonesia termasuk yang terlemah di dunia karena sangat mudah ditebak.

Semua orang tahu betapa pentingnya password atau kata kata sandi yang kuat. Mereka bahkan dapat memberitahu Anda contoh password yang kuat terdiri dari kombinasi huruf, angka, simbol dan sedikitnya 7 karakter. Tapi anehnya hanya sedikit orang yang mau melakukannya.

Mempertaruhkan keamanan akun dengan password berupa tanggal tanggal lahir, nomor mobil atau “a1b2c3d4” jelas beresiko. Password yang kuat sebenarnya simpel saja: mudah bagi Anda tapi sulit ditebak orang lain.


2. MENGUBAH USER NAME “ADMIN”

Secara default Wordpress akan menggunakan “Admin” sebagai username. Jika tidak mengubahnya, maka Anda sudah meringankan tugas hacker. Mereka cukup melakukan “decode” atau merubah ulang susunan password. Untuk menghindarinya hapuslah nama login ini dan buatlah akun baru. Anda tetap mempunyai hak dan fitur yang sama dengan login default “Admin.”


3. MENGUBAH SECURITY KEYS


Ternyata ada juga Security Keys di Wordpress? Ya, benar sekali dan fitur ini semacam pintu gerbang untuk masuk ke akun Anda. Dengan menggunakannya, akan semakin sulit bagi hacker untuk membobol blog Anda. Bayangkan saja, bagaimana sulitnya seorang pencuri masuk ke rumah Anda tanpa kunci. Penjelasan tentang hal ini cukup panjang, Anda sebaiknya mengikuti tutorialnya disini.


4. UPDATE, UPDATE DAN UPDATE

Anda termasuk blogger yang ogah melihat apalagi mengutak-atik kode Wordpress yang rumit? Jangan khawatir Wordpress juga menyadari hal ini dan karena itu mereka rajin menyediakan themes dan plugins. Versi update biasanya akan diikuti pula dengan fitur keamanan yang lebih diperbaharui dari sebelumnya.

Mengupdate themes dan plugins tidak begitu rumit. Cukup ikuti prosedur untuk instalasi yang sangat mudah. Biasanya akan ada notifikasi jika versi terbaru telah muncul. Untuk mendownload rilis terbaru dari Wordpress Anda bisa mendapatkannya disini:


5. BATASI PELUANG LOGIN ERROR

Hacker juga manusia. Sepandai-pandainya mereka, tetap saja bukan perkara mudah mendapatkan sebuah password. Kadang-kadang mereka hanya menebak alias trial and error. Dengan menginstall plugin bernama Login Lockdown, Anda dapat membatasi jumlah gagal login karena salah entry password. Dengan begitu saat hacker tidak mungkin lagi memasukkan kombinasi password, mereka pasti akan meninggalkan blog Anda.


6. BACKUP SITUS ANDA

Nah, setelah melakukan langkah-langkah diatas, jangan lupa untuk membuat back-up situs terutama untuk database, image dan Wordpress themes. Ada banyak pilihan, namun cara konvensional seperti menyimpan di komputer pribadi masih pilihan terbaik. Akan lebih cepat dan mudah mengambilnya jika situs Anda diserang hacker. Lakukan backup secara periodik karena data situs adalah investasi Anda.

0 comments:

Post a Comment