Home » » 6 CIRI BLOGGER YANG SUKSES

6 CIRI BLOGGER YANG SUKSES

Written By Unknown on Tuesday, July 17, 2012 | 9:06 PM

Penggunaan blog kian hari kian digemari orang awam. Ini karena blog mudah dipelajari, gratis dan bisa menghasilkan uang (jika blognya sangat populer). Umumnya orang sudah bisa membuat blog sepanjang ada koneksi internet, sebuah komputer dan bisa mengoperasikannya meski tidak sangat mahir.

Masalahnya, karena gratis ada ratusan ribu bahkan jutaan blog tersebar di internet. Ini berarti jika ingin blog Anda sukses dan menghasilkan, maka antusias menulis saja tidak cukup. Anda juga mesti memikirkan cara untuk bersaing dengan banyak kompetitor. Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk berhasil sebagai seorang blogger.



  • Temukan tempat Anda. Semua orang pastinya punya minat dengan bidang tertentu, bukan? Menjadi blogger berarti Anda menjadi penulis. Pikirkan apa yang menjadi kesukaan Anda dan mulailah menulis dengan itu. Setelah itu jadikanlah sebagai blog niche (blog dengan tema spesifik). Dengan begini ide artikel lebih mudah didapat dan Andapun lebih senang menulisnya.

  • Rajin update. Salah besar jika berpikir setelah blog jadi maka uang akan datang dengan sendirinya. Faktanya adalah jika ingin pengunjung kembali lagi maka Anda harus selalu memberikan hal yang baru pula.Waktu update yang ideal adalah seminggu 2-3 kali. Jangan terlalu sering yang penting rutin. Jika tidak ada bahan tulisan Anda bisa mendaur ulang posting lama yang telah dimodifikasi.
 
  • Belajar monetisasi yang efektif. Di internet ada banyak program afiliasi yang menjanjikan (Google Adsense, Bidvertiser, Adbrite, Chitika dsb). Anda cukup mendaftar dan ketika sudah diterima maka tinggal copy paste kode HTML iklan dan menempatkannya di spot yang tepat. Selanjutnya iklan akan tampil secara otomatis dan Anda tinggal mengoptimalkan klik pengunjung. Selain itu Anda juga bisa mengajukan aplikasi pada online merchant (semisal Amazon Affiliate). Disini Anda akan menempatkan link banner barang yang dijual. Komisi yang cukup lumayan akan Anda dapat jika ada pembeli yang yang membeli lewat link Anda.

  • Aktif mencari pengunjung. Ini bisa dilakukan dengan banyak hal. Jika ingin cepat Anda bisa membayar dengan memasang iklan di situs yang ramai atau layanan Google Adwords. Jika ingin yang gratisan ada banyak cara seperti bertukar link dengan situs yang ramai pengunjung, optimisasi di situs pencari, promosi di forum, dsb. Hindari melakukan spam karena cara ini sangat dibenci tidak hanya oleh pengunjung dan pemilik situs, namun juga situs pencari.

  • Membangun komunitas yang solid. Cara ini bisa ditempuh dengan jalan membuka pintu komunikasi antara Anda dengan pengunjung. Berikan fasilitas komentar semisal chatbox dan tanggapilah dengan bahasa yang sopan.

  • Bersabar. Penyebab nomor satu blog yang gagal kebanyakan pada blogger-nya yang tidak sabar. Mereka berpikir blog sama dengan “cara cepat kaya” dan tidak menyadari kerja keras dibaliknya. Kecuali Anda memang berinvestasi untuk membayar iklan, akan butuh beberapa bulan bahkan beberapa tahun sebelum blog Anda besar. Jangan khawatir jika Anda belum berhasil. Kembangkan terus blog Anda karena siapa tahu Anda sedang menuju menjadi blogger yang sukses. (end)

0 comments:

Post a Comment