Home » » 10 GAME SHMUPS TERBAIK DREAMCAST

10 GAME SHMUPS TERBAIK DREAMCAST

Written By Unknown on Friday, February 24, 2012 | 9:38 AM


Dreamcast memang sudah mati, namun konsol terakhir Sega ini ternyata meninggalkan warisan untuk konsol generasi baru. Banyak game sekarang yang mengadopsi gaya game lawas Dreamcast. Untuk urusan olah grafis 3D, Dreamcast memang tidak setangguh Playstation 2 atau bahkan Xbox. Namun untuk urusan grafis 2D, Dreamcast lebih unggul ketimbang konsol buatan Sony. Kelebihan ini kemudian banyak dimanfaatkan para developer game untuk membuat game 2D berkualitas untuk Dreamcast.

Anda semua tentu tidak asing dengan SHMUPS alias Shoot 'em up bukan? Ya, ini adalah genre yang simpel dimana pemain cukup menembaki musuh di layar dan sebisa mungkin bertahan hidup dari serbuan peluru. Di Jepang genre ini sangat banyak peminatnya. Dengan kemampuan olah grafis 2D-nya, kebanyakan developer Jepang lebih memilih Dreamcast sebagai platform game SHMUPS mereka. Sebagai informasi inilah 10 game SHMUPS terbaik Dreamcast yang hingga kini masih dimainkan.
Justify Full
IKARUGA



Game buatan Treasure ini dipublikasikan di akhir masa kejayaan Sega Dreamcast. Ikaruga dibuat oleh “hanya” 4 orang Jepang dan dianggap pewaris jiwa game Treasure lainnya yaitu Radiant Silvergun. Mulanya Ikaruga dirilis tahun 2001 untuk mesin arcade Sega yaitu NAOMI. Di tahun yang sama game ini di-port untuk Dreamcast. Kepopulerannya tidak berhenti, hingga Treasure lalu membuat versi remake untuk Nintendo GameCube dan Xbox Live Arcade di tahun 2008.

Ikaruga mempunyai sistem permainan orisinil yang disebut “Polarity System.” Artinya, hanya peluru berlawanan warnalah yang dapat membunuh pemain. Sementara itu peluru pemain yang sama dengan musuh otomatis akan diserap pemain dan diubah menjadi senjata. Jika cukup pintar, pemain dapat menciptakan chain combo dimana tiga musuh dengan polarity yang sama dengan pemain dihancurkan secara berurutan. Beberapa developer indie Jepang ada yang mencoba mengadopsi “Polarity System” Ikaruga. Salah satunya yang paling sukses adalah seri eXceed dari Tennen Sozai.


TRIGGER HEART EXELICA



Menjauhi tahun 2001 banyak gamer mengira tidak ada lagi game baru Dreamcast.. Anggapan itu tidak sepenuhnya benar, karena sampai dengan tahun 2007 masih ada beberapa developer yang membuat game untuk konsol putih itu. Salah satunya adalah Trigger Heart Exelica (THE) yang dirilis oleh Warashi tahun 2006 untuk Sega NAOMI dan Dreamcast tahun 2007.

THE mengisahkan dua gadis humanoid Exelica dan Cruelta dalam melawan pasukan robot Ver’mith yang dipimpin wanita misterius bernama Faintear. Versi Dreamcast hadir dengan 2 mode baru yaitu Story Mode dan Arrange Mode. Dalam Arrange Mode kesulitan akan meningkat dan permainan akan langsung selesai jika pemain kehabisan nyawa.

Meskipun dirilis eksklusif di Jepang, gamer lainnya masih dapat menikmati karena seluruh menu game dalam bahasa Inggris. Kepopuleran THE membuatnya dirilis untuk Playstation 2 dan Xbox 360. Khusus untuk versi Xbox 360 kualitas grafis meningkat selevel HD, hadirnya musik baru dan dukungan posting skor online.


SHIKIGAMI NO SHIRO 2



Selain Dreamcast, Shikigami no Shiro 2 (SnS2) atau Mobile Light Force 2 dirilis untuk Arcade dan PC. Game ini mengalami peningkatan dibandingkan prekuelnya yang hanya menampilkan grafis 2D. Selain grafis yang kini 3D, SnS2 didukung full voice acting yang keren. Namun untuk disain karakter tetap dalam bentuk 2D namun dengan sprites yang lebih tajam.

SnS2 menggunakan Tension Battle System (TBS) dimana skor pemain akan semakin tinggi jika semakin dekat dengan musuh atau pelurunya. Agar terhindar dari bahaya, kekuatan dan pola tembakan karakter akan ditingkatkan saa berdekatan dengan musuh. SnS2 hadir dengan lima level, dan sebuah “Extreme Mode” yang dapat dibuka saat game diselesaikan.


CHAOS FIELD



Chaos Field mulanya dirilis di Dreamcast tahun 2004. Setahun kemudian Milestone Inc. merilis versi Playstation 2 dengan judul Chaos Field New Order. Game ini menjadi angin Segar untuk gamer non Jepang karena hadir dalam versi Amerika. Sekedar catatan, hampir semua SHMUPS Dreamcast hanya dirilis di Jepang dan tidak pernah ditranslasikan.

Jika pada game SHMUPS umumnya pemain menghadapi banyak lawan dan peluru, maka Chaos Field justru sebaliknya. Sebagai gantinya, pemain akan lebih sering menghadapi musuh berukuran besar yang jika di game SHMUPS lainnya sudah menjadi karakter boss. Pemain dapat berpindah dimensi antara “Order Field” dimana level musuh lebih ringan, dengan “Chaos Field” dimana peluang mencapai skor lebih tinggi karena tantangan lebih berat.

Mirip dengan Radiant Silvergun, pesawat pemain akan dibekali pedang disamping tembakan standar. Untuk bertahan hidup, pedang menjadi senjata vital karena dapat memantulkan peluru yang bertebaran di layar.


RADIRGY



Kadang disebut dengan Rajirugi atau Radio Allergy dan merupakan game untuk Arcade Sega NAOMI di tahun 2005. Setahun kemudian versi konsolnya hadir sekaligus untuk Dreamcast, Playstation 2 (Radirgy PreciouS ) dan Gamecube (Radirgy GeneriC).

Radirgy menceritakan Shizuru Kamigusa, seorang gadis yang ayahnya bekerja di perusahaan yang mengembangkan obat untuk alergi gelombang radio. Suatu ketika sekelompok teroris menyerbu dan menguasai gedung tempat ayahnya tinggal. Dengan bantuan Tadayo, Shizuru lalu menaiki baju perang bernama “Kojiro” untuk menyelamatkan ayahnya dan begitu juga obat yang tengah ditelitinya.

Radirgy menggabungkan konsep grafis anime dan cell shading, namun kadang lebih mirip animasi flash di PC. Sistem senjata meniru pendahulunya yaitu Chaos Field dan gameplay lebih mirip Mars Matrix.


UNDER DEFEAT



Disetting di sebuah dunia alternatif berdasarkan Perang Dunia II, Under Defeat menjadi game yang sedikit kontroversial. Ini karena pemain mengendalikan karakter berlogat Jerman dibawah seragam dan bendera negara yang mirip Nazi. Musuh mereka adalah pasukan yang beratribut mirip dengan pasukan sekutu. Game ini dirilis di akhir hidup Dreamcast (2006) namun yang mengejutkan terjual sangat memuaskan. Tahun 2011 G.rev mengumumkan me-remake kembali game ini untuk konsol Playstation 3 dan Xbox 360 dengan kualitas HD.

Sepanjang permainan pemain akan mengendalikan sebuah helicopter yang dapat berputar seperti dalam game Zero Gunner 2. Meskipun mengalahkan boss menjadi sebuah tantangan, dalam Under Defeat pemain tidak harus mengalahkan para boss. Timer akan dihitung mundur dan saat mencapai 0, boss lawan akan hancur dengan sendirinya meskipun health mereka masih tersisa.


MARS MATRIX



Mars Matrix adalah game shooting yang dikembangkan Takumi dan diterbitkan Capcom untuk Arcade di tahun 2000. Pada dasarnya game ini adalah vertikal shooting, namun pemain dapat merubah layar menjadi horisontal. Sukses di Arcade, Capcom lalu merilis untuk Dreamcast di tahun 2001.

Mars Matrix mengisahkan perjuangan manusia di bumi memerangi kaum pemberontak di Planet Mars yang mengklaim telah menemukan chip canggih bernama “INFINITY.” Chip ini diyakini berasal dari peradaban maju di masa lalu sebelum manusia ada. Pemain bergabung dalam pasukan tempur ACID dan akan mengendalikan pesawat super bernama “Mosquito.”

Game ini sangat cocok bagi pemain yang butuh aksi intense ala Arcade plus menghindari serbuan peluru yang memenuhi layar. Grafis Mars Matrix termasuk sangat baik: tajam dan penuh dengan obyek latar yang rumit dan bergerak independen. Sepanjang permainan Anda dapat mengumpulkan kubus emas untuk mengupgrade level, senjata dan status lainnya.


GUNBIRD 2



Tujuh satria ditantang Dewa Sihir untuk menemukan 3 elemen kekuatan: matahari, bintang dan bulan. Siapa yang berhasil membawa ketiganya akan diberi imbalan ramuan ajaib terkuat berikut seluruh kekuatan sihirnya.

Meskipun merupakan sekuel, gameplay Gunbird 2 terbilang biasa saja. Psikyo agaknya menyadari hal ini dan kemudian memberikan sedikit replay value. 4 karakter diberikan sejak awal permainan sedangkan 3 sisanya baru terbuka setelah menyelesaikan gamenya. Di versi Dreamcast karakter Morrigan (Dark Stalkers) hanya bisa dibuka dengan kode tertentu.

Walaupun akhirnya Capcom merilis versi Playstation 2, versi Dreamcast tetap yang terbaik. Versi Playstation 2 sama dengan Arcade, sedangkan versi Dreamcast hadir dengan lebih banyak fitur seperti online score, gallery mode dan voice acting di sela misi.


KAROUS



Karous atau “Karasu” dalam bahasa Jepang (berarti gagak) adalah game terakhir untuk Dreamcast yang dirilis tahun 2007. Versi remake-nya dirilis tahun 2008 di Jepang untuk Nintendo Wii dalam sebuah paket kompilasi berjudul “Milestone Shooting Collection: Karous Wii.” Paket tersebut berisi tiga game SHMUPS Milestone Inc. yaitu Karous, Radilgy dan Chaos Field.

Karous tampil dengan grafis cell shading yang didominasi warna hitam, putih dan abu-abu. Sistem senjata mengadopsi game Radio Allergy sedang bom menggunakan sistem unik yang disebut D.F.S. Tidak seperti game SHMUPS umumnya, dalam Karous bom baru bisa digunakan SP Gauge terisi penuh. Saat bom dikeluarkan, sebuah barier energi juga akan muncul. Barier ini juga dapat menghancurkan musuh yang terkena efeknya.

Layaknya game RPG, pemain dapat mengupgrade senjata, pedang dan perisai pesawat mereka. Caranya dengan mengumpulkan “experience item” yang dijatuhkan lawan. Level upgrade maksimal adalah 100. Dengan meningkatnya level, maka skor yang diperoleh juga akan berlipat ganda.


TRIZEAL



Trizeal versi Dreamcast tidak jauh beda dengan dengan versi Arcade-nya. Beberapa mode baru yang ditambahkan adalah score attack mode dan beberapa level baru. Trizeal tidak pernah dirilis versi Amerikanya, namun gamer non Jepang masih dapat memainkannya karena menu dalam Bahasa Inggris.

Dalam Trizeal pemain dapat merubah pesawat mereka dalam 3 bentuk. Sebuah pesawat rahasia yang diambil dari game Triangle Service lainnya berjudul “XII Stag” dapat dibuka dengan kode rahasia. Game ini terdiri 6 level dan jika pemain berhasil menyelesaikannya akan membuka dua mode baru yaitu “Omake Mode” dan “Lifting Mode”.

Tahun 2007 sekuelnya yang berjudul Exzeal muncul di Arcade NAOMI. Ada rumor mengatakan bahwa sekuelnya juga akan beredar untuk Dreamcast. Namun isu ini tidak pernah terwujud. Sebuah kompilasi Trizeal dan Trezeal dengan judul “Shooting Love 20XX” dirilis ekslusif di Jepang tahun 2009 untuk konsol Xbox 360.

0 comments:

Post a Comment